Rabu, 17 September 2008

Mulai Pakai Sistem Semi MLM

Lama tidak terdengar kabarnya, akhirnya Vitacharm menggeliat juga. Selain meluncurkan kampanye baru, mereka juga menghidupkan saluran distribusi langsung ke end user.

Sejak diambil alih dari PT Pola Sehat pada tahun 2000, manajemen PT Ultra Prima Artaboga yang bernaung di bawah Orang Tua Grup (OTG) tak kurang-kurang melakukan berbagai upaya untuk memunculkan merk ini ke permukaan. Sempat pada tahun 2004 mereka berusaha menghidupkan kembali brand yang sejatinya sudah ada sejak tahun 1979 itu. Saat itu revitalisasi dilakukan mulai dengan mengubah positioning produk (dari sekedar produk susu fermentasi menjadi minuman probiotik alias kesehatan) dan melakukan strategi branding sampai komunikasi secara terintegrasi.

Sayang hasilnya masih jauh panggang dari api. Mungkin lantaran program re-launch-nya kurang bombastis, gaung program tersebut bisa dikatakan nyaris tak terdengar. Sampai saat ini Yakult sang pemimpin pasar masih melenggang dengan penguasaan pasar lebih dari 50%. Maklum saja, merk ini tidak pernah mengendorkan syarafnya dalam melakukan edukasi pasar. Selain iklan-iklannya selalu konsisten dengan tema edukasi, ia pun tetap rajin menyelenggarakan program unggulannya yakni kunjungann pabrik dari masyarakat umum.

Sementara market share Vitacharm, kemungkinan besar masih belum mencapai dua digit. Sekedar menambah informasi, empat tahun lalu saat Yakult menguasai pangsa pasar susu fermentasi sekitar 62%, Vitacharm hanya kebagian 1,9%. Masih di bawah Calpico (keluaran Ajinomoto) yang market sharenya ketika itu sekitar 6,5%. Sayangnya Liem May Tjoe, Corporate Secretary OTG tak bersedia buka-bukaan di mana posisi merk tersebut saat ini. Yang jelas ia hanya menyebut kapasitas produksi pabrik mereka sekarang sebesar 1 juta botol per hari.

Namun kata putus asa tampaknya menjadi pantangan bagi OTG. Mereka sadar pasar susu fermentasi masih masih menyimpan potensi pasar yang sangat besar. Selain lantaran pemainnya belum terlalu banyak (setidaknya baru ada 3 pemain yang aple to aple yakni Yakult, Calpico dan Vitacharm), seperti dituturkan pengamat pemasaran Sumardy, peluang pasar produk ini juga makin berkembang dengan tren masyarakat yang makin sadar kesehatan.

Jadi layaklah kalau pertengahan Maret lalu OTG kembali ber-halo-halo dengan meluncurkan kampanye baru bertajuk Vitacharm Multi Probiotik 3 Days Challenge. Kampanye tersebut diluncurkan dalam rangka mencari duta-duta sehat Vitacharm Multi Probiotik ABC yang berasal dari kalangan konsumen sendiri.

Image

Melalui komunikasi yang terintegrasi antara lini atas dan lini bawah, konsumen diajak melakukan trial dengan mengonsumsi secara teratur 4-6 botol per hari selama tiga hari. Dari situ, jika mereka merasakan tiga manfaat langsung produk –yakni mengatasi masalah buang air besar yang tidak teratur, membantu mengatasi diare dan sembelit- yang bersangkutan diajak untuk memberikan testimoninya melalui web site Vitacharm atau melalui pesan singkat. Sebaliknya, jika manfaat tersebut tidak terbukti, konsumen mendapat jaminan uangnya akan dikembalikan.

Setiap bulan 10 testimony yang dianggap terbaik akan mendapatkan reward berupa langganan Vitacharm gratis selama setahun. Bahkan yang dianggap paling bagus akan mendapatkan grand reward berupa kursi pijat otomatis dan langganan Vitacharm gratis untuk tiga tahun. Untuk mengkomunikasikan kampanye tersebut, artis dan presenter Nico Siahaan dipilih menjadi duta sehat pertama sekaligus mengantarkan komunikasi lini atasnya (ATL) baik di layar kaca maupun media cetak.

Sumardy menilai strategi komunikasi itu cukup tepat sasaran jika dikaitkan dengan posisi Vitacharm. “Sebagai challenger memang paling enak melakukan kegiatan yang lebih heboh untuk menarik perhatian. Susah kalau hanya mengandalkan brand image itu sendiri. Apalagi karakteristik orang Indonesia memang suka mencoba,” ujarnya.

Namun menurutnya strategi ini akan lebih berdaya guna jika Vitacharm juga membangun link melalui community marketing. “Harusnya mereka juga kenceng main di komunitas marketing dengan memanfaatkan customer. Lihat saja, keberhasilan Yakult kan banyak disumbang oleh peran para Yakult Lady yang masuk ke komunitas ibu-ibu. Intinya mereka harus bisa menciptakan worth of mouth yang akan memberikan efek yang sangat nice,” ujarnya panjang lebar.

Dalam hal ini Vitacharm ternyata diam-diam juga bergerak. Meski belum seheboh Yakult Lady, mereka punya saluran distribusi langsung ke end user yang berpotensi menciptakan worth of mouth. Jika anda buka web site resmi Vitacharm, mereka menawarkan posisi Vita Champion bagi siapa saja yang berminat.

Seperti halnya distribusi dalam system multi level marketing (MLM), posisi rantai ini bisa didapatkan jika sasaran memperoleh pencapaian tertentu seperti berhasil menggaet dua orang pelanggan atau lima orang konsumen dalam sehari. Sistem pemeringkatannya pun tidak beda jauh dengan system MLM. Ada Vita Champion Plus, Vita Champion Leader dan yang tertinggi Vita Champion Ambasador. Distributor resminya sendiri tetap memakai PT Artha Boga Cemerlang. Anak perusahaan OTG ini dikenal kuat karena memiliki banyak cabang dan agen di seluruh Indonesia .

Dari sisi produk, setahun sebelumnya pada 2007 manajemen juga telah melakukan inovasi agar Vitacharm memiliki unique selling yang makin berbeda dengan competitor. Produk ini dibranding dengan nama Vitacharm Multi Probiotik ABC karena diklaim memiliki kandungan tiga macam probiotik -tidak hanya sejenis seperti yang dikandung Yakult. Yakni probiotik Acidophilus Digestiva, Bifido Defensia dan Casei Immunita yang akan memberikan pertahanan lengkap untuk pencernaan baik di usus halus maupun usus besar. Benefit ini merupakan penjelasan atas tag line TV Comercial (TVC) Vitacharm yang akrab di telinga anda selama setahun terakhir dan masih dipakai sampai sekarang : “Sehat, jangan setengah-setengah”.

Inovasi dalam hal kandungan probiotik praktis menjadi diferensiasi produk kedua terhadap competitor utama. Sebelumnya pada tahun 2004, Vitacharm diluncurkan dengan memperkenalkan 5 varian rasa (strawberry, anggur, mangga, apel dan jeruk) yang tidak dimiliki Yakult.

Milestone VitaCharm Multi Probiotic ABC

No

Periode

Activity/Campaign

Keterangan

Results

1

Before Mei 04

Tidak ada

VitaCharm diakuisisi OT pada thn 2003

2

May-04

Launch VC Probiotik. TVC Campaign "Our Family Hero"

Diluncurkan VitaCharm Probiotic dengan improvement produk, kemasan dan strategi promosi yang lebih baik. Campaign diluncurkan dengan menayangkan TVC versi "Our Family Hero". Distribusi VitaCharm juga diperluas meliputi semua kota yang ada di pulau Jawa dan kota - kota besar di luar pulau Jawa.

Omset meningkat, dan Industri susu fermentasi juga mengalami peningkatan sebesar 170%.

3

Mar-05

TVC Campaign Testimonial VitaCharm

Campaign dilanjutkan dengan testomonial pelanggan yang pernah merasakan manfaat VitaCharm Probiotic.

Sales growth 400%

4

Aug-05

TVC Campaign "Cara Enak Biar Enggak Gampang Sakit"

Campaign menjelaskan proses kerja VitaCharm di dalam tubuh manusia. Hanya 1 bulan campaign

Ada dampak peningkatan omset yang cukup signifikan saat diluncurkan TVC ini.

5

Aug-06

TVC Campaign: "Sehat Itu enak"

Campaign "sehat itu enak" diluncurkan agar konsumen menjadikan VitaCharm sebagai bagian dari kehidupan sehari - harinya. Dimana kalau ingin sehat tidak harus melakukan aktivitas yang tidak disukai (misalnya: diet, makan obat, dsb), tapi bisa dilakukan dengan enak, yaitu dengan minum VitaCharm setiap hari.

6

Jul-07

Launch VitaCharm Multi Probiotic ABC,"Sehat Jangan Setengah Setengah! "

VitaCharm melakukan inovasi produk, yang tadinya probiotic menjadi Multi Probiotic ABC, yaitu mengandung: Acidophilus Digestiva®, Bifido Defensia®, dan Casei Immunita®.

Acidophilus Digestiva® dan Casei Immunita® hidup di USUS HALUS, bermanfaat untuk membantu melindungi sistem pencernaan, membantu menjaga kondisi tubuh, membantu menjaga keseimbangan mikroflora, dan membantu menekan pertumbuhan bakteri merugikan seperti E. Coli, sehingga masalah diare dapat diatasi.

Sedangkan Bifido Defensia® hidup di USUS BESAR, bermanfaat untuk membantu gerakan peristaltik usus yang mengatur frekuensi buang air besar sehingga masalah sembelit dapat diatasi.

Produk probiotik biasa hanya aktif di usus halus saja. (produk probiotik biasa cuma ada 1 jenis probiotik). Padahal menurut penelitian 99% jumlah bakteri dalam tubuh manusia terdapat di saluran USUS BESAR.

7

Mar-08

VitaCharm Multi Probiotic ABC 3 Days Challenge

VitaCharm Multi Probiotic ABC 3 Days Challenge

Jadilah DUTA SEHAT VitaCharm! buktikan manfaat VitaCharm Multi Probiotic ABC bagi Kesehatan Pencernaan dan kelancaran B.A.B dalam 3 HARI! Atau UANG ANDA KEMBALI


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda